Thursday, October 13, 2016

Penjelasan dan Proses Kerja Increment dan Decrement Pada Operator Unary dalam Program Bahasa C

Menjelaskan Proses Kerja Increment dan Decrement Pada Operator Unary
dalam Program Bahasa C.


Assalamualaikum Wr. Wb
Kembali lagi dengan saya di Blog ini. Kali ini,saya akan memberikan dan menjelaskan mengenai proses kerja Operator Unary dalam Program Bahasa C. dan saya akan menjelaskan sedikit apa itu Operator Unary. Operator Unary adalah Operator yang digunakan untuk melakukan operasi-operasi matematik yang hanya melibatkan satu buah operand sedangkan Operator-operator lainnya tentunya menggunakan dua buah operand. dan juga pengertian operator adalah simbol atau karakter yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau manipulasi. dalam Bahasa C, yang termasuk ke dalam Operator Unary seperti tampak seperti gambar berikut ini :
Untuk contoh program yang menunjukkan Operator Unary  + dan - mungkin teman semua telah mengenalnya. Kalau seandainya teman semua belum tahu, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Operator Unary + dan -. Operator Unary Plus ( + ), digunakan untuk memberi nilai Plus suatu nilai numerik ( bukan untuk Penjumlahan )sedangkan Operator Unary Minus ( - ), digunakan untuk memberi nilai Minus suatu nilai numerik ( bukan untuk Pengurangan ).

Dalam Operator Unary, terdapat juga proses Increment dan Decrement. maka pada saat ini juga saya akan menjelaskan kedua proses tersebut. dan mengenai proses Operator Unary + dan - ini cuma sebagai pengetahuan saja.

A. INCREMENT

Increment merupakan suatu proses menaikkan (menambahkan) suatu bilangan dengan nilai 1(satu). adapun operator dalam bahasa C yang digunakan untuk melakukan proses tersebut adalah Operator ++. Operator ++ disebut juga dengan Operator Increment. dalam bahasa C, Increment terbagi lagi ke dalam dua bagian, yaitu pre-increment dan post-incremen. berikut ini pula penjelasan dari bagian Increment tersebut.

  • PRE - INCREMENT
Pre- Increment adalah menaikkan nilai yang terdapat pada sebuah variabel sebelum nilai dari variabel tersebut diproses di dalam program. Operator ++ akan dianggap sebagai Pre-Increment apabila dituliskan di depan nama variabel atau nilai yang akan dinaikkan.
berikut ini contoh Program yang menggunakan Pre-Increment :

maka hasilnya setelah dicompile seperti berikut ini :
dari hasil tersebut dapat kita lihat bahwa nilai k mula-mula adalah 5, kemudian nilai ++k adalah 6. hal ini disebabkan karena pada operasi ++k , nilai 5 dinaikkan terlebih dahulu sebelum ditampilkan. setelah itu, nilai ++k adalah 6 sehingga pada pemanggilan berikutnya, k yang akan ditampilkan juga bernilai 6.
  • POST-INCREMENT

Post-Increment berarti menaikkan nilai yang terdapat pada sebuah variabel setelah nilai dari variabel tersebut di proses di dalam program. pada Post-Increment operator ++ ditulis setelah variabel atau nilai yang akan dinaikkan.kenapa kok bisa nilainya dulu ditulis ????. untuk itu lihatlah contoh program ini :

maka hasilnya setelah di compile seperti berikut ini :
dari hasil tersebut dapat kita lihat bahwa nilai k mula-mula adalah 5, kemudian nilai k++ adalah 5. hal ini disebabkan karena pada operasi k++ ,sebelum ditampilkan kembali bahwa k++ akan menampilkan kembali  dengan nilai 5, setelah itu akhirnya dinaikkan satu angka menjadi hasil akhir dengan nilai 6.
yaitu dengan rumus : nilai + 1

B. DECREMENT

Decrement adalah proses penurunan nilai dengan nilai satu ( 1),  Decrement juga memiliki dua bagian yaitu Pre-Decrement dan Post- Decrement.
  • PRE-DECREMENT
Pre-Dicrement berarti menurunkan nilai yang terdapat pada sebuah variabel sebelum nilai dari variabel tersebut diproses di dalam program. Operator -- akan dianggap sebagai Pre-Decrement apabila dituliskan di depan nama variabel atau nilai yang akan dinaikkan. Untuk lebih memahaminya, berikut ini program yang menunjukkan penggunaan operator Pre-Decrement :

maka hasilnya akan seperti ini :
dari hasil tersebut dapat kita lihat bahwa nilai k mula-mula adalah 5, kemudian nilai --k adalah 4. hal ini disebabkan karena pada operasi --k, nilai 5 diturunkan terlebih dahulu sebelum ditampilkan. setelah itu, nilai --k adalah 4 sehingga pada pemanggilan berikutnya, k yang akan ditampilkan juga bernilai 4.
  • POST-DECREMENT
Post-Decrement berarti menurunkan nilai yang terdapat pada sebuah variabel setelah nilai dari variabel tersebut di proses di dalam program. pada Post-Decrement operator -- ditulis setelah variabel atau nilai yang akan dinaikkan. kenapa kok bisa nilainya dulu ditulis ????. untuk itu lihatlah contoh program ini :
maka hasilnya setelah di compile seperti berikut :
dari hasil tersebut dapat kita lihat bahwa nilai k mula-mula adalah 5, kemudian nilai k-- adalah 5. hal ini disebabkan karena pada operasi k-- ,sebelum ditampilkan kembali bahwa k-- akan menampilkan kembali  dengan nilai 5, setelah itu akhirnya diturunkankan satu angka menjadi hasil akhir dengan nilai 4. yaitu dengan rumus : nilai - 1

sekian dari saya, terima kasih ???
NB : apabila terjadi kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan >>>>>

1 comments:

bikin balik said...

Artikelny sangat membantu sekali