Friday, October 13, 2017

CARA MENAMBAHKAN ATAU INSERT PADA CMD DAN PHP MY ADMIN


Assalamualaikum Wr. Wb
Baiklah teman semua yang melihat blog saya. Disini saya akan menjelaskan kembali cara
menambahkan isi table pada mysql menggunakan query Insert. Untuk pertama kalinya yang saya ingin memberi tahu kepada teman semua, sebelum melakukan pekerjaan sebaiknya membaca bismillah, supaya lebih afhdal. Tanpa memperpanjang kata. Langsung saja cara membuat tabel pada mysql.

Sebelum memasukkan isi table kita harus mempersiapkan alat tempurnya :...)
       1.       XAMPP 
       2.       CMD
       3.       browser seperti : Mozill firefox, Google chrome dsb.
Yang telah saya bahas pada blog setelahnya, tentang alat tempurnya.

Berikut adalah langkah-langkah cara menambahkann isi tabel pada mysql  menggunakan query Insert.
       1.       Langkah awal, bukalah XAMPP Control  Panel melalui start -> all Programs -> XAMPP ->                XAMPP Control Panel. Atau bisa juga klik di desktop anda.
       2.       Jalankan modul aplikasi MySQL dan Apache dengan cara klik start pada command button yang          tersedia.
       3.       Selanjutnya anda buka di mozilla firefox atau search engine lainnya. Lalu ketikkan pada address          bar mozill firefox yaitu : localhost/phpmyadmin/ maka akan muncul seperti pada gambar di                bawah ini :

       4.       Pada postingan sebelumnya saya telah membuat nama databasenya, yaitu tif16.
       5.       Dan saya telah membuat dua buah tabel dengan menggunakan php my admin dan CMD dan                saya telah mengisi nama tabelnya, yaitu tbl_mahasiswa dan tbl_matakuliah. 
       6.       Sebelum kita menambahkan isi tabel pada mysql Menggunakan query Insert menggunakan                  CMD, sebaiknya kita terlebih dahulu menggunakan Php My admin.
        Berikut Langkah menambahkan isi tabel pada mysql menggunakan query Insert dengan                      menggunakan Php My Admin :

1.       Klik terlebih dahulu nama databasenya yaitu tif16, maka akan muncul seperti gambar   berikut :
2.       Setelah itu klik untuk tbl_mahasiswa untuk menambahkan  isi di dalam tbl_mahasiswa   tersebut
 Setelah anda klik pada tbl_mahasiswa maka akan muncul gambar seperti ini :
 Setelah itu anda klik pada menu tambahkan atau insert.
 Maka akan muncul seperti gambar berikut ini :
3.       Setelah itu, kita akan menambahkan isi pada kolom nim, nama pada tbl_mahasiswa,   untuk menambahkannya kita Cuma menambahkan nilai yang terdapat pada kolom yang   diminta, disini saya akan menambahkan dua baris untuk kita ambil sampel atau kode   query di Php My Admin untuk kita masukkan di CMD. Maka akan tampil seperti gambar   berikut ini :
 Lalu anda klik pratinjau SQL, untuk kita ambil kode query yang akan kita copy ke CMD.

 Maka akan muncul seperti gambar berikut ini dan klik button tutup.
 Lalu anda klik kirim,

 maka akan muncul seperti gambar berikut ini;
 Untuk button kirim selanjutnya, apakah anda ingin menambahkan kembali atau tidak, itu   optional. Lalu untuk melihat apakah nama yang kita telah tambahkan di tbl_mahasiswa   apakah berhasil atau tidak, maka anda klik nama tabel tbl_mahasiswa di didalam   database  tif16 tersebut, maka akan muncul gambar seperti berikut :
4.       Maka untuk tbl_matakuliah dalam menggunakan Php My Admin caranya atau langkah-   langkah  sama seperti menambahkan di tbl_mahasiswa yang telah saya jelaskan.

     7.       Lalu setelah kita mendapatkan kode querynya, kita lanjutkan ke CMD untuk menambahkan isi            tabel tbl_mahasiswa selanjutnya dan tbl_matakuliah. Simpan dan copy kode query di notepad              anda
      Inilah kode querynya :
      INSERT INTO `tbl_mahasiswa` (`NIM`, `NAMA`) VALUES ('201613001', 'SITI                          NURJANNAH''201613002''ANNISA NUR FITRIYANI'); inilah kode yang kita dapatkan di          Php my Admin
     8.       Lalu buka terlebih dahulu CMD-nya.

     9.       Setelah itu, ketikkan instruksi pada command prompt yaitu cd c:\xampp\mysql\bin.
      Selanjutnya anda ketikkan instruksi mysql –u root.

     10.   Disini kita telah punya databasenya, jadi saya akan langsung mengetikkan SHOW                                DATABASE;-nya.
     11.   Lalu kita mengaktifkan database tif16 dengan cara ketikkan USE tif16;, (atau nama database              yang anda inginkan).
     12.   Selanjutnya, anda untuk menampilkan tables anda cukup ketikkan show tables; 
     13.   Selanjutnya, anda tinggal menambahkan isi tabel tbl_mahasiswa dengan ketikkan instruksi                  seperti  berikut :
      INSERT INTO `tbl_mahasiswa`VALUES ('201613003','NIA SYAFITRI'),                                      ('201613004','NUR AMIRA'), ('201613006', 'MUHAMMAD KHAIRUL MUSTOFA'),                ('201613008', 'MAI EFFENDI'), ('201613010','MAHDIAWAN NURKHOLIFAH'),                      ('201613012', 'ZULKIFLI'), ('201613013', 'M.DESRIADI'), ('201613015',                                       'RAJUGUNAWAN'), ('201613016', 'DEFRI HARMEGI'), ('201613017', 'DENI                             SABRIAN'), ('201613018','M.JUNDI'); untuk nim dan nama 201613001 SITI NURJANNAH         dan 201613002 ANNISA NUR FITRIYANI, telah kita tambahkan di Php My Admin
      14.   Lalu untuk melihat isi tabel nya anda cukup ketikkan instruksi : select*from tbl_mahasiswa;
      15.   Jadi untuk tabel tbl_mahasiswa telah selesai, langsung saja kita menambahkan isi                                 tbl_matakuliah;. Untuk menambahkan isi tbl_matakuliah caranya sama dengan menambahkan             isi  tbl_mahasiswa, tapi perbedaannya adalah nama kolom.
      16.   Selanjutnya, anda tinggal menambahkan isi tabel tbl_matakuliah dengan ketikkan instruksi                seperti berikut :
      INSERT INTO `tbl_matakuliah` (`Kd_matkul`, `Nm_matkul`) VALUES ('TI1001', 'SBP'),          ('TI1002', 'NUM') , ('TI1003', 'MCR'), ('TI1004', 'DBMS'),('TI1005', 'TPS'), ('TI1006',                'SIM'),('TI1007', 'MUL'), ('TI1008', 'DBMS-P'),('TI1009', 'MCR-P'), ('TI1010', 'EPT'),              ('TI1011', 'SIM-P'); 
     17.   Lalu untuk melihat isi tabel nya anda cukup ketikkan instruksi : select*from tbl_matakuliah;
     18.   Dan untuk tabel tbl_matakuliah selesai.

Oke teman sekalin itu lah cara bagaimana cara membuat tabel menggunakan CMD dan PHPMYADMIN.
SEKIAN DARI SAYA
Assalamualaikum Wr. Wb


0 comments: