Tuesday, October 3, 2017

CARA MEMBUAT TABEL MENGGUNAKAN CMD DAN PHPMYADMIN




Assalamualaikum Wr. Wb
Baiklah teman semua yang melihat blog saya. Disini saya akan menjelaskan kembali cara membuat table pada mysql. Untuk pertama kalinya yang saya ingin memberi tahu kepada teman semua, sebelu melakukan pekerjaan sebaiknya membaca bismillah, supaya lebih afhdal. Tanpa memperpanjang kata. Langsung saja cara membuat tabel pada mysql.

Sebelum membuat tabel kita harus mempersiapkan alat tempurnya :...)
1    1.       XAMPP
2    2.       CMD
3    3.       Browser seperti : Mozill firefox, Google chrome dsb.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat tabel pada mysql
  1.  Langkah awal, bukalah XAMPP Control  Panel melalui start -> all Programs -> XAMPP - > 
     XAMPP Control Panel. Atau bisa juga klik di desktop anda.
  2. Jalankan modul aplikasi MySQL dan Apache dengan cara klik start pada command button yang tersedia.
  3.  Selanjutnya anda buka di mozilla firefox atau search engine lainnya. Lalu ketikkan pada address bar mozill firefox yaitu : localhost/phpmyadmin/ maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini :
  4. Pada postingan sebelumnya saya Cuma menampilkan database saja. Disini saya akan membuat nama database menggunakan cmd. Jadi contoh nama database yang saya buat yaitu dengan nama tif16.
  5. Sebelum kita membuat tabel, saya akan menjelaskan cara membuat nama database dengan cmd.
1.       Langkahnya sama dengan cara membuat tabel tetapi disini saya membuat nama databasenya.
2.       Buka terlebih dahulu CMDnya di run atau dengan cara windows + R.
3.       Setelah itu, ketikkan instruksi pada command prompt yaitu cd c:\xampp\mysql\bin.
      Selanjutnya anda ketikkan instruksi mysql –u root.
4.       Lalu anda ketikkan instruksi create database ( nama database yang anda buat) disini saya membuat databasenya adalah tif16. Instruksinya create database tif16;
5.       Setelah selesai membuat nama databasenya, lanjutkan kebagian pembuatan tabel pada mysql. Lalu ketikkan show database; pada cmd, apakah nama database yang kita buat tadi telah berada didalam databases tersebut. Dan akhirnya nama database yang kita buat telah selesai.
6.    Selanjutnya, pilih database yang kita buat tadi pada menu database di phpmyadmin. Lalu klik pada database tersebut makan akan masuk ke halaman selanjutnya, maka akan muncul seperti gambar berikut.
7.       Pada menu create tabel maka isi nama dan banyak kolom sesuai keinginan anda. Disini saya membuat tabel dengan nama tbl_mahasiswa dengan 2 kolom lalu klik go maka akan tampil seperti gambar berikut :
       lalu isilah sebuah struktur nama, jenis, panjang/nilai dan indeks untuk masing kolom yang anda inginkan yang diberi dengan tanda kotak. Lalu klik simpan
8.   Untuk melihat kode querynya anda Cuma klik di bagian pratinjau SQL. Disini tujuan untuk melihat kode querynya adalah supaya pada saat kita membuat tabel menggunakan cmd, kita tidak perlu repot-repot untuk mencari kodenya yang lainnya atau melihat tutorial di internet.
9.    Selanjutnya, dari tadi kita membuat tabel melalui phpmyadmin, sekarang kita beralih ke CMD. Caranya gampang, kode query yang kita dapat di phpmyadmin melalui pratinjau sql kita copy kan di notepad atau tempat yang lainnya.
10.   lalu, saat ini kita membuat tabel melalui CMD. Pertama kita Cuma mengaktifkan database tif16 dengan cara ketikkan USE  tif16; (atau nama database yang anda inginkan).
11.   Selanjutnya, anda untuk menampilkan tables anda cukup ketikkan show tables;

12.   Selanjutnya, anda tinggal membuat table selanjutnya dengan ketikkan :
Create table tbl_matakuliah (Kd_matkul  VARCHAR(15) NOT NULL, Nm_matkul  VARCHAR(50) NOT NULL, PRIMARY KEY (Kd_matkul));

13.   Lalu, setelah berhasil anda ketikkan show tables; lagi untuk mengetahui bahwa tabel yang kita buat tadi telah ada di dalam tabel database tif16.

Oke teman sekalin itu lah cara bagaimana cara membuat tabel menggunakan CMD dan PHPMYADMIN.
SEKIAN DARI SAYA

Wassalamualaikum Wr. Wb 

0 comments: