Wednesday, April 5, 2017

array 1 dimensi



 Assalamualaikum wr.wb

    Disini saya akan menjelaskan tentang array 1 dimensi. dimana saya akan membuat program array 1 dimensi tentang penjumlahan bilangan. sebelum saya menjelaskan program tersebut. saya terlebih dahulu kita akan menjelaskan pengertian array tersebut.
A. Array
    Array adalah sekumpulan tempat penyimpanan data yang bertipe dan bernama sama dan memiliki index. Secara singkatnya array dapat diibaratkan sebagai kumpulan variabel yang bertipe sama dan bernama sama, dan untuk membedakan variabel-variabel tersebut, kita menggunakan index.
B. Array Satu Dimensi
    Array satu dimensi adalah array yang memiliki 1 index. Agar kita dapat mengerti apa itu array, marilah kita lihat penjelasan dibawah ini :
   Variabel adalah tempat penyimpanan data yang telah diberi nama. Perlu kita tahu bahwa satu buah variabel hanya dapat menyimpan satu buah nilai. Pada gambar contoh diatas terdapat variabel bertipe int (integer) yang bernama bilangan bulat dan berisi nilai 15.
Untuk jelasnya mari kita lihat gambar di bawah ini :
    Array merupakan sekumpulan tempat penyimpanan data. Sebuah array dapat menyimpan lebih dari satu buah nilai (tergantung dari besarnya/kapasitas array). Meskipun begitu, nilai-nilai yang disimpan didalam sebuah array harus bertipe sama, yaitu sesuai dengan tipe dari array tersebut. Pada contoh diatas terdapat sebuah array bertipe int (integer) yang bernama array integer dan memiliki kapasitas 6 buah bilangan integer.

Apabila array diibaratkan menjadi sebuah loker/tempat penyimpanan barang :
1. Index dari array adalah nomor dari loker tersebut.
2. Nilai yang disimpan didalam array adalah barang yang disimpan didalam loker.
3. Index dari array selalu dimulai dari nol.

Berikut aadalah cara mendeklarasikan sebuah array 1 dimensi didalam program C :
tipe nama Array[kapasitas];
  • Tipe adalah tipe dari array yang akan dibuat. 
  • Nama Array adalah nama dari array yang akan dibuat.
  • Kapasitas adalah banyaknya nilai yang dapat disimpan dalam array yg akan dibuat.
 langsung saja saya bahas tentang programnya.di bawah ini adalah contoh untuk mendeklarasikan sebuah array bertipe int yang bernama array int yang memiliki kapasitas 5 buah nilai


 Untuk membaca sebuah element dari array, kita hanya perlu menuliskan nama dari array tersebut, lalu diikuti dengan index yang kita tuju dan diapit dengan tanda kurung siku ( [ ] ). Dibawah ini adalah contoh potongan program yang mendeklarasikan, mengisi, lalu menampilkan sebuah array ke layar / display.

gambar 1 koding program 

 penjelasan source codenya yang singkatnya.
1. # include <stdio.h> dan # include <stdlib.h>. file ini merupakan file standar dalam membuat  suatu program pada bahasa C. stdio.h ini adalah file standar input- output. sedangkan stdlib adalah file  header yang berfungsi untuk memanggil sistem yang terdapat pada stdlib.h tersebut.
2. int main ( void ). source code ini merupakan fungsi yang harus ada didalam program bahasa C. dan int  ini merupakan sebuah tipe data yang ada pada program bahasa C dan tipe data ini juga mempengaruhi  setiap instruksi yang akan dilaksanakan komputer. main ini merupakan fungsi yang tidak memiliki    argumen. sedangkan void ini adalah tipe data yang digunakan untuk tipe suatu fungsi yang tidak akan  menerima data apapun sebelum program dijalankan.
3. untuk membuka dan menutup suatu program menggunakan tanda { }
4. printf berfungsi untuk menampilkan sebuah tulisan atau tanda ke tampilan monitor.
5. scanf berfungsi untuk meminta / menerima data nilai dari user (input). 
6. simbol %d  komputer meminta / menerima nilai yang akan dikonversikan menjadi bertipe integer dari user  maka ditandai dengan simbol %d. dan pada simbol &i berarti variabel i memiliki sama dengan nilai input.  dan tanda '&' di depan variabel menyatakan alamat memori variabel tersebut.
7. \n ini adalah befungsi untuk memberi garis baru pada program tersebut.
8.system (pause). system adalah memanggil perintah sistem operasi perintah di windows. dan  'pause'    adalah untuk menghentikan aktifitas dengan menunggu respon dari user. dan system (pause) ini merupakan fungsi yang berada di stdlib.h
9. return (0) memberitahu kepada sistem operasi bahwa program telah berakhir secara normal dengan status = 0.   

dan inilah tampilan hasil percobaannya
gambar 2. hasil percobaan


sekian dulu dari saya apabila ada kesalahan dalam tulisan. mohon maaf . terima kasih................


0 comments: